Lucinta Luna Bebas Lewat Jalur Asimilasi

Setelah Vanessa Angel, Lucinta Luna akhirnya mendapatkan asimilasi di rumah. Lucinta Luna pun mendapatkan asimilasi karena sudah memenuhi persyaratan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan syarat yang harus dipenuhi oleh Lucinta Luna sama dengan narapidana lainnya yang juga mendapat asimilasi.

Sejak 11 Februari 2021 Lucinta Luna tak lagi menghuni Rutan Pondok Bambu. Lucinta Luna dinyatakan bebas bersyarat melalui program asimilasi dari pemerintah.

Pemilik nama lahir Muhammad Fatah itu mendapatkan asimilasi lantaran bekelakuan baik selama menjalani penahanan.

“Pertama sudah berkelakuan baik, kedua sudah menjalani setengah masa hukumannya, dan ketiga sudah membayar dendanya,” jelasnya Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti saat dihubungi, Senin 15 Februari 2021.

Lucinta Luna wajib membayar denda Rp 10 juta untuk kasus narkoba yang membelitnya. Jika Lucinta Luna tak bisa membayar, maka masa hukumannya ditambah satu bulan lagi.

Lucinta Luna juga sudah membayar subside sebesar 10 juta. Hal ini memudahkan dirinya untuk mendapatkan program asimilasi dari pemerintah.

“Tentunya Lucinta wajib membayar subsider dulu sebelum diusulkan asimilasi,” jelas Rika Aprianti.

Ada puluhan narapidana yang juga berhasil mendapatkan asimilasi bersamaan dengan Lucinta Luna. Hal ini diberikan demi mencegah dan menanggulangi Covid – 19 di lapas dan rutan.

“Sampai akhir tahun sudah ada 57 ribu narapidana diasimilasikan. Syaratnya pun sama dengan Lucinta Luna,” kata Rika Aprianti.

Lucinta Luna divonis 1,5 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada 30 September 2020. Nantinya Lucinta Luna akan bebas murni pada 10 Agustus 2021.

“Betul, tanggal 11 (Februari 2021) kemarin Lucinta Luna sudah bebas, bukan bebas tapi menjalankan asimilasi di rumah. Lucinta Luna akan menjalani sisa pidananya sampai Agustus,” jelas Rika Aprianti.

Lucinta Luna sendiri menerima vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim. Sedangkan Jaksa Penuntut Umum mengatakan pikir-pikir.

Lucinta Luna ditangkap di apartemen miliknya yang berada di kawasan Jakarta Pusat, pada Selasa 11 Februari 2020.

Lucinta Luna diamankan bersama 3 orang lainnya, salah satunya, pasangannya Abash yang bernama asli Diah Ayu Ashari.

Dari penangkapan itu, polisi menemukan barang bukti berupa riklona, ekstasi dan tramadol. Barang bukti riklona dan tramadol ditemukan di dalam tas Lucinta Luna.